FILSAFAT PANCASILA

  1. PENDHULUAN

Pancasila adalah suatu paham filsafat suatu philosophical way of thinking atau philosophical system. Pancasila dalah sumber dari segala sumber hukum artinya bahwa segala perundang-undangan di negara republik Indonesia harus berdasarkan Pancasila. Keluarga merupakan bentuk nrgara terkecil dalam hidup antara manusia. Kepribadian adalah ciri-ciri yang adedidikirawanmelekat pada diri (ciri khusus/khas).

Istilah Pancasila telah ada sejak zaman Majapahit pada abad XIV, yaitu terdapat di dalam buku Negarakertagama kareangan Prapanca dan buku Sutasoma karangan tantular. Tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI Soekarno mengusulkan agar dasar negara Indonesia diberi nama Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara RIadedidikirawan diterima dan disahkkan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945 bersama disahkan UUD NKRI 1945

  1. Tujuan Pendidikan Pancasila

Tujuannya antara lain:

  1. Daapat memahami menghayati dan mengamalkan Pancasila serta UUD 1945 dalam kehidupan sebagai warga negara Indonesia (WNI),
  2. Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai masalah dasar kehidupan kemasyarakatan berbangsa dan bernegara yangadedidikirawan hendak ditangani/dihadapi dengan penerapan pemikiran-pemikiran yang berlandaskan Pancasila.
  3. MEMUPUK sikap dan perilaku yang sesuai denngan nilai-nilai Pancasila.

Kuliah Pancasila meliputi , Pancasila hakikat sifat dan pengalamannya, Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, GBHN, Kewaspadaan nasional.Metode pangajaran kuliah Pancasila dilakukan secara kritis analitis serta dialogis yang kreatif untuk meyakinkan kebenaran dan ketetapan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ideologi nasinal danadedidikirawan dasar negara. Penilai hassil proses belajar mengajar untuk mengukur tingkat penguasaan tentang pengetahuan pancasila dilakukan dengan cara memungkinkan terdeteksinya perkembangan sifat dan tingkah laku manusia.

  1. HAKIKAT

uraian lebih lanjut…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: